Seni Iris Sayuran Dan Buah Buahan

 



Sayuran dan buah buahan, lazimnya disajikan sebagai santapan. Untuk menemani nasi dan lauk pauk. Pelengkap gizi yang hadir untuk dinikmati.

Tetapi orang orang kreatif selalu berfikir diluar kotak, dan mendobrak kelaziman. Menjadikan apa saja sebagai hal baru. Bahkan bisa menjadi karya seni yang indah. Meskipun medianya berasal dari barang barang yang sudah dibuang orang lain, atau menggunakan sesuatu yang tidak lazim sebagai bahan seni rupa. Seperti sayuran dan buah buahan.

Seperti foto foto berikut ini. Membuktikan bahwa sayuran dan buah buahan yang juga bisa dibuat menjadi berbagai rupa. Layak disebut sebagai karya seni. Meski ujung ujungnya dimakan juga. Atau malah ga tega memakannya. Karya karya kreatif ini patut dihargai karena keindahan dan kerumitannya.

Tetapi, karena karya ini dapat dimakan, biasanya hanya bertahan sebentar sebelum rusak, dan membusuk. Seni itu sangat tidak mungkin dipamerkan lama lama. 

Karya karya ini, bisa menjadi ide bagi kita yang ingin mencobanya dirumah. Atau ingin sekedar bermain main dengan anak. Keluar dari rutinitas sehari hari dengan mengiris iris dan memahat mahat buah buahan dan sayuran. Coba saja. Hanya, pastikanlah keamanannya.


Lobster
Ide kreatif dari wortel. Setelah difoto, boleh dimakan.


Ikan Mas
Terbuat dari wortel


Wajah buah pare
Sepertinya terbentuk secara alamiah


Atlas 
Dari buah apel. Dibuat pake gigi saja. 


Apel
Berwajah lucu


Ikan
Dari buah stroberi. Bisa dibuat bersama anak anak 



Landak
Dari buah nanas


Landak 
Dari Buah Semangka


Jam Rolex
Dari buah semangka. Pengerjaannya rumit.






Mukimono, Seni Iris Sayuran Jepang 


Makanan di meja tidak hanya lezat untuk dimakan. Tapi ia akan semakin menarik dan mengundang selera jika disajikan dalam bentuk karya seni. Itulah cara pemahat Mukimono menyajikan makanannya.  Ia menggambar dan mengukir karya seni mereka pada potongan-potongan buah, sayuran, dan apa pun yang bisa dimakan yang bisa disajikan di meja makan.

Jepang adalah negara yang terkenal memiliki seni ukir sayuran dan buah buahan. Di Jepang, ada seni mukimono (剥 き 物), yaitu seni tradisional ukiran makanan. Mukimono adalah tradisi lama dari abad keenam belas. Ia diukir dengan pisau presisi yang disebut 'pisau mukimono'. Dibutuhkan beberapa pisau dengan ukuran berbeda sesuai dengan jenis buah atau sayuran yang hendak diukir.



Seni Mikimono hanya bisa diterapkan pada beberapa varietas buah dan sayuran. Varietas buah dan sayuran yang lunak, lembek, dan mudah busuk mungkin tidak selalu baik untuk seni ini. Di antara item makanan populer yang digemari para perancang adalah labu, semangka, apel, dan blewah.

Saat ini, seorang koki Jepang bernama Takehiro Kishimoto (atau lebih dikenal dengan panggilan Gaku) adalah seniman mukimono paling populer. Gaku, memahat semuanya. Mulai dari lobak hingga alpukat. Ditangannya, sayuran bisa berubah menjadi bunga-bunga elegan. Kadang-kadang, ia mengukir sketsa karakter anime populer. Di waktu lain, ia mengukir pola geometris menjadi potongan melintang pada alpukat dan batang brokoli.

Gaku Kishimoto, yang berasal dari kota Kobe di Jepang selatan, mulai mengukir dan memposting karyanya di Instagram pada pertengahan 2016. Pada awalnya, katanya, dia mengukir bentuk-bentuk sederhana, tetapi akhirnya beralih ke desain yang lebih sulit. Dia menggunakan pisau yang tajam dan tipis.

Dibutuhkan waktu cukup lama untuk mengukir setiap buah atau sayuran. Untuk brokoli, ia butuh waktu sekitar satu jam. Alpukat yang lebih lembut membutuhkan waktu dua jam, sedangkan apel membutuhkan waktu tiga jam.

Dan apa yang terjadi pada kreasi Kishimoto ketika dia selesai? "Aku mengukir dan memakannya," katanya.

Berikut ini karya karyanya :







Cek Sumber :

Seni Iris Sayuran Dan Buah Buahan 4.5 5 Subhan Hidayat Sayuran dan buah buahan, lazimnya disajikan sebagai santapan. Untuk menemani nasi dan lauk pauk. Pelengkap gizi yang hadir untuk dinikm...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.