Misteri Pohon Wak-Wak

 

Pohon Wak Wak
Cuplikan halaman dari Kitab al Balhan
Berisi ilustrasi pohon Wak Wak

Belakangan ini beredar lagi foto foto pohon  misterius yang memiliki buah seperti seorang wanita. Gambar gambarnya beredar melalui WA, IG dan Twitter.  Dulu, diawal awal jaya jayanya forum forum diskusi semacam Kaskus, gambar gambar inipun sempat "viral" dan membuat heboh. Gambar yang saya maksud adalah gambar ini : 

  

Banyak yang meyakini kebenaran keberadaan pohon ini. Bahwa buah ini nyata. Dikatakan adanya di Thailand. Disembunyikan didalam kuil kuil. Namanya buah pohon Nareepol. Sayangnya dari dulu sampai sekarang, foto fotomya hanya itu saja. Tidak ada yang baru, meski zaman sudah sedemikian terbuka. 

Misteri Pohon Wak Wak


Kemisteriusan pohon Nareepol seolah olah mendapat pembenaran, dari adanya warisan koleksi kitab kitab kuno berbahasa Arab, yang menyebutkan eksistensi sebuah pulau yang diberi nama pulau Wak-Wak. Namanya memang sangat aneh didengar. Lebih aneh lagi apabila kita tahu mengapa ia dinamakan pulau Wakwak. 

Dipulau itu tumbuh sebuah pohon bernama Wak Wak. Pohon yang memiliki buah seperti wanita cantik, telanjang bulat, dan bila terkena angin akan berbunyi WAK....WAK.... Pohon ini diklaim sudah dilihat oleh beberapa penjelajah seperti Ibnu Batutah, Al Idrisi, Abu Ma'syar al Balkhi (Albumasher). Bahkan al Idrisi membuatkan peta lokasinya

Pohon wak wak mulai terkenal melalui buku fiksi 'seribu satu malam' dimana pelaut Sinbad diceritakan berpetualang di pulau ini. Ini buku cerita fiktif. 

Ada juga beberapa catatan perjalanan para petualang yang ditulis bukan sebagai karya fiktif melainkan karya ilmiyah (pada masa itu). Pada masa expansi Islam (pengenalan Islam ke berbagai negara didunia), ilmuwan ilmuwan Islam telah ikut berpetualang menjelajahi berbagai tempat di dunia. Dalam setiap petualangannya itu, mereka membuat catatan catatan segala peristiwa yang terjadi diberbagai tempat, termasuk misteri misterinya.

Beberapa catatan yang sampai kepada kita, telah memberikan petunjuk adanya sebuah pulau yang disebut WakWak. Diantara catatan catatan itu antara lain : Mukaddimah Ibnu Khaldun, Kitab Ar-Raudh Al-Muátthor (karya al-Himyari), Rihlah Ibnu Batutah dan lain lain. Bahkan Al-Idrisi (Abu Abdillah Muhammad Al-Idrisi) telah membuatkan peta lokasi dimana letaknya pulau wak wak itu.

Peta Dunia buatan Al-Idrisi, dengan pulau wak wak terletak diujung kiri atas (yang berbentuk seperti payung)


Catatan catatan ini menyimpan  'misteri' yang menarik perhatian  banyak orang untuk mencari kebenarannya.

Beberapa catatan menyebutkan, bahwa pulau ini disebut Wak Wak karena ia memiliki sejenis pohon yang memiliki buah berbentuk seorang wanita telanjang (lengkap dengan mata, kaki, tangan, kemaluan dan anggota badan lainnya). Rata rata buahnya berwujud wanita cantik. Rambutnya melekat di dahan, dan apabila mengering ia akan jatuh ketanah, dan hidup selama beberapa hari seperti manusia. Bila didekati, buah itu akan bersuara waakk! waakk!.  Begitu pula bila angin bertiup, buah buahan yang masih ada dipohon akan bersahut sahutan mengeluarkan suara waakk!...waakk!.

Ilustrasi pohon wak-wak dalam kitab Ajaib makhluqat

Catatan lain menyebutkan, bahwa dipulau ini banyak sekali emas, sehingga penduduknya mengalungi anjing anjing dan kera kera mereka dengan emas.  Musa bin Mubarok As-Sairofi secara meyakinkan telah mengaku memasuki pulau ini. Katanya, pulau ini dikuasai oleh seorang raja wanita dan memiliki prajurit prajurit wanita.

Orientalis bahkan tercengang oleh kitab Al Balhan. Kitab ini merupakan kitab astronomi dan sihir yang merupakan catatan Abu Ma'syar al Balkhi (Albumasher), yang dikumpulkan dan diberi ilustrasi gambar oleh Abu Hasan Al Asfihani pada abad ke 14 Masehi. Dalam kitab ini, pohon Wak Wak diberi ilustrasi sebagaimana yang bisa dilihat diatas. Tidak hanya itu, kitab ini juga membahas beberapa makhluq mitologi seperti ular naga dan putri duyung.  Kitab ini juga memuat foto Iblis..!!
 

Letak Pulau Wak Wak


Lalu dimana letak pulaunya? Catatan catatan itu menunjuk ke bagian bumi yang sama, yaitu jajaran pulau pulau tropis dilaut China. Ada yang menyebutnya di Sumatra, ada yang menyebutnya di Thailand. 

Sebuah tulisan yang dikaitkan kepada Laurence of Arabia menyatakan : "kami telah menemukannya...tanpa sengaja..sebuah pulau yang telah lama dianggap hanya khayalan...ternyata benar benar ada. Sebuah pulau ajaib yang belum pernah dilihat...dan seterusnya.



Pohon Nareepol di Thailand

Pohon berbuah manusia, juga memiliki asal usul dari negeri Thailand. Mereka memiliki keyakinan adanya sebuah pohon dewa yang memiliki buah berwujud manusia. Mungkin ini keyakinan agama mereka, saya tidak tahu. Tetapi ilustrasi ilustrasi pohon ini banyak terdapat di kuil kuil suci. 



Kemudian, jagad online sempat dikejutkan oleh foto foto pohon yang memiliki buah berbentuk wanita. Pohon itu mereka sebut Nareepol atau Nareephon yang artinya pohon perempuan. Katanya, pohon ini ada di Provinsi Petchaboon di Thailand, berada di kuil kuil yang sangat dilindungi. Jangankan untuk melihat wujudnya, sekedar mengintip saja dilarang. Karena itulah foto foto yang beredar semuanya sama, itu itu saja. 




Misteri Pohon Wak-Wak 4.5 5 Subhan Hidayat Cuplikan halaman dari Kitab al Balhan Berisi ilustrasi pohon Wak Wak Belakangan ini beredar lagi foto foto pohon  misterius yang memiliki b...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.