Superwood, Kayu Super Yang Mampu Menahan Peluru

 

Kayu Super


Para Ilmuwan mengklaim dapat memproses kayu menjadi lebih kayu super yang kuat dari baja, dan mampu menghentikan tembakan peluru. 

Beberapa jenis kayu, seperti pohon ek dan maple, terkenal dengan kekuatannya. Namun para ilmuwan mengatakan, telah ditemukan sebuah metode baru yang lebih sederhana dan lebih murah yang dapat memproses semua jenis kayu menjadi bahan yang lebih kuat daripada baja, dan bahkan lebih kuat dari paduan titanium berteknologi tinggi. Mereka menyebutnya kayu super.

Selain digunakan sebagai bahan bangunan dan kendaraan, kayu kayu ini bahkan bisa digunakan untuk membuat pelat tahan peluru.

Ini akan menjadi tekhnologi yang menguntungkan mengingat hasil kayu sangat berlimpah dan tidak pernah habis meskipun telah digunakan selama ribuan tahun untuk membangun segala sesuatu mulai dari perabotan hingga rumah dan bangunan yang lebih besar.

Liang bing Hu, seorang ilmuwan material di University of Maryland, College Park sudah lama meriset material kuat berbahan kayu. Hu dan rekan-rekannya mengatakan bahwa mereka telah menemukan cara yang lebih baik untuk memadatkan kayu, yang mereka tulis dalam laporan di majalah Nature 7 Februari.

Proses pembuatan kayu super mereka bagi dalam dua langkah sederhana.


Kayu Super Kuat
Illustrasi Proses Pembuatan Kayu Super

Langkah pertama, mereka mulai dengan mencelupkan kayu dalam larutan natrium hidroksida (NaOH) dan natrium sulfit (Na2SO3) yang telah dididihkan. Mereka merebusnya sampai kayu menjadi lembut, Perlakuan kimiawi ini serupa dengan langkah dalam membuat pulp kayu yang digunakan untuk membuat kertas. Proses Ini bertujuan menghilangkan lignin dan hemiselulosa (polimer alami yang membantu menstabilkan dinding sel tanaman), namun membiarkan sebagian besar selulosa kayu (polimer alami lainnya) utuh. 

Hu mengatakan, langkah kedua hampir sesederhana yang pertama: Kayu di press dengan pelat besi panas dengan tekanan ekstrim. Proses ini akan membuat kayu menjadi padat, dan ketebalannya berkurang hingga 80 %.  Tekanan dan panas mendorong pembentukan ikatan kimia antara sejumlah besar atom hidrogen dan atom nanofiber selulosa yang berdekatan, sehingga sangat memperkuat materialnya.

Hasilnya sangat mengesankan. Kayu yang diproses dengan cara ini, menjadi lebih padat juga jauh lebih keras, lebih tahan gores dan lebih tahan benturan. Yang paling penting, kayu yang padat juga tahan kelembaban.

Dalam tes laboratorium, sampel kayu diberi kelembaban ekstrim selama lebih dari lima hari . Ternyata kayu membengkak kurang dari 10 persen. Dan dalam tes selanjutnya, Hu hanya memberikan lapisan cat, dan pembengkakan itu hilang sepenuhnya.

Dalam simulasi berikutnya, kayu dicoba kekuatannya untuk menghentikan peluru. Ternyata kayu berlapis lima yang kemudian dikompres dengan cara ini dapat menghentikan peluru yang ditembakkan. 

Hu hasil dan rekan-rekannya menjanjikan tekhnologi ini bisa membawa kepada tekhnologi baju besi berbiaya rendah yang bisa menggantikan Kevlar di masa depan.


Kayu Paling Kuat
Hasil Uji Kayu Super Dan Kayu Biasa Dengan Tembakan Peluru

Bahan ini bisa menggantikan lembaran Kevlar dengan ketebalan yang sama, tapi harganya lebih murah sekitar 5 persen, katanya.

Hu mengatakan, meskipun ia dan timnya telah berusaha untuk meningkatkan kekuatan kayu, peneliti lain telah mengejar tujuan yang lebih dahsyat, seperti membuat bahan transparan dari kayu. Satu tim, yang dipimpin oleh ilmuwan material Lars Berglund di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, telah menemukan cara untuk membuat kaca jendela transparat dari kayu.


scientificamerican.com
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-5367937/Super-wood-strong-steel-stop-bullet.html
Superwood, Kayu Super Yang Mampu Menahan Peluru 4.5 5 Subhan Hidayat kayu kuat, kayu super kuat, superwood Para Ilmuwan mengklaim dapat memproses kayu menjadi lebih kayu super yang kuat dari baja, dan mampu menghentikan tembakan peluru.  B...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.