Perempuan Cerewet Harus Memakai Ini

 




Biarkan Wanita Diam di Gereja (let the women be silent in the church). Petikan ayat kitab suci ini pernah digunakan selama empat abad, untuk menindas ribuan wanita. Mereka dibungkam dan dipaksa untuk mengenakan alat-alat ini diwajahnya. 

Alasan di balik kekejaman ini adalah: biar wanita itu diam di gereja. Meskipun tujuan pemakaian alat ini sebenarnya adalah untuk menegaskan dominasi kaum lelaki. Mereka mencegah perempuan berbicara dihadapan laki laki. Kemudian pemakaiannya mengerucut hanya kepada wanita yang cerewet, bawel, bermulut kasar, suka bergosip dan suka bertengkar.

Alat ini adalah sebuah topeng yang disebut Scold's Bridle atau Brank. Ia berbentuk helm besi yang diberi kurungan yang pas dengan kepala pemakainya. Memiliki bagian untuk membungkam mulut wanita. Tapi masih menyisakan tempat atau lubang untuk makan dan minum.

Topeng ini mulai digunakan di Scotlandia pada abad ke 16, dan meluas penggunaannya di wilayah Inggris sejak abad ke 17 sampai tahun 1824 M.



Wanita mengenakan Brank



Seorang wanita, yang memiliki mulut jahat, suka bergunjing dan bertengkar, akan dipasangi alat ini. Kemudian ia akan dituntun menuju keramaian untuk dipermalukan. Kadang kadang sambil dipukuli. Beberapa model brank ini memiliki penjepit lidah supaya wanita itu tidak bisa bicara. Dan biasanya berakhir tragis dengan kerusakan lidahnya. Model yang lain memiliki plat berduri atau bergerigi. Setiap usaha dari si pemakai untuk menggerakkan mulutnya, akan berakibat luka luka.

Helm penyiksa ini juga dikenakan kepada wanita wanita yang berani bersuara, menyatakan pendapat, atau menyampaikan ide ide yang menantang para lelaki, atau menentang diskriminasi. Untuk mengingatkan itu, penguasa secara permanen meletakkan brank ini di tempat tempat keramaian yang sering dikunjungi masyarakat. Tujuannya untuk mengingatkan para wanita agar tidak coba coba. Bila berani coba coba, mereka akan dipasangi brank di tempat itu untuk ditonton dan dipermalukan.

Serem ya...tapi boleh juga digunakan saat ini. Supaya tukang tukang gosip itu berkurang jumlahnya.







BACA JUGA : 

Terima Kasih telah membaca, mudah mudahan bermanfaat.

Sampah Digital :  Brank, Sebuah Kurungan Wajah Untuk Menghukum Wanita Cerewet ditulis berdasarkan artikel yang telah dimuat pada sumber berikut ini : 

http://www.historyofmasks.net-
Perempuan Cerewet Harus Memakai Ini 4.5 5 Subhan Hidayat Kurungan wajah, penyiksaan wanita, scold bridle, brank Biarkan Wanita Diam di Gereja (let the women be silent in the church). Petikan ayat kitab suci ini pernah digunakan selama empat abad, ...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.