Misteri Hiu Greenland

 

Hiu Greenland

Hiu Greenland adalah jenis ikan hiu yang hidup di kedalaman yang dingin dan gelap. Makhluk ini sulit dipahami. Para ilmuwan masih tahu sedikit tentangnya. Hiu Greenland adalah salah satu spesies hiu terbesar. Hiu ini bisa tumbuh sampai seukuran truk pickup besar, atau sekitar 20 kaki panjangnya. Hiu ini hanya hidup di lautan es Greenland

DIMANAKAH GREENLAND ?


Greenland adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Besarnya nyaris menyamai benua Afrika. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Ibukota Greenland adalah Nuuk. Greenland secara geografis merupakan bagian dari Amerika Utara. 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.

Greenland

BIOLOGI HIU GREENLAND


Hiu Greenland tergolong hiu dogfish, hiu yang menyimpan banyak catatan rekor mulai dari kehamilan tertua, terkecil, terpanjang, sampai hiu yang memiliki populasi terbesar di dunia. Hiu dogfish terkecil adalah hiu lentera kurcaci. Sedangkan yang terbesar di dunia, adalah hiu Greenland. Secara total, ada 120 spesies dalam urutan dogfish. Hiu dogfish ini ditemukan di seluruh dunia, dari laut yang hangat dan tropis hingga perairan Arktik yang dingin, dangkal dan dalam. 

Seperti hiu dogfish lainnya, mulut hiu Greenland berada di bawah moncongnya. Ini bisa menyedot makanan ke dalam mulutnya dengan menghirup. Giginya rata menyerupai Paus Pembunuh. Mereka memiliki dua sirip punggung, dan lima set insang. Hiu Greenland berhubungan erat dengan hiu tidur Pasifik. Karena Hiu Greenland bergerak sangat lambat seperti sedang tidur. Tetapi ia bisa dengan tiba tiba meledak kecepatannya ketika diperlukan. Karena itulah ia menjadi salah satu hewan penyergap yang sangat sukses karena korbannya sering tidak menyadari kehadirannya. 


MENYUKAI AIR DINGIN MEMBEKU


Ahli biologi spesialis hiu laut dalam, Paul Clerkin menggambarkan dunia hiu Greenland sebagai Dunia Beku. Hiu Greenland adalah satu-satunya spesies ikan hiu yang benar-benar subarctic (hidup disekeliling kutub utara dengan -1 sampai 10 derajat Celsius) dan hidup di kedalaman antara 0 dan 2200 meter. 

Bagaimana hiu Greenland bertahan pada suhu dan tekanan yang ekstrem ini? 

ternyata daging mereka mengandung urea tingkat tinggi dan senyawa organik yang disebut TMAO, yang berfungsi sebagai antibeku alami. 


PARASIT MEMAKAN KORNEA MATANYA HINGGA BUTA


Hiu Greenland memiliki sepasang mata kecil, yang nyaris tidak berfungsi. Jika Anda kebetulan melihat video hiu ini, kemungkinan anda akan melihat sesuatu seperti tali pancing yang tergantung dimata mereka.

Itu adalah parasit. Diperkirakan 90% hiu Greenland membawa parasit mata ini. Parasit ini terus menempel dan dibawa kemana mana. Parasit itu adalah udang udangan (krustasea) kecil yang disebut Kopepoda. Parasit ini benar-benar memakan beberapa jaringan mata ikan hiu dan merusak penglihatan mereka hingga buta. Artinya, 90 % hiu Greenland, menghabiskan hidupnya dalam kebutaan. 


greenland shark


Namun sebenarnya parasit ini adalah "teman terbaik" hiu Greenland. Mereka berdua menjalin hubungan saling menguntungkan. Kopepoda menjadi pengganti matanya. Ia mengeluarkan cahaya yang memancing datangnya mangsa. Sehingga Hiu Greenland tidak perlu repot repot berburu karena makan malamnya siap diantarkan langsung kedalam mulutnya.


Parasit

Ahli biologi hiu dalam laut Paul Clerkin menjelaskan secara rinci hubungan tersebut: 


"Kopepoda ini bersifat bioluminescent dan menghasilkan cahaya. Saat ini tidak ada yang tahu mengapa Kopepoda ini mau repot mengeluarkan begitu banyak energi untuk bersinar dalam kegelapan. Hal ini tidak tampak menguntungkan mereka secara langsung. Satu teori untuk menjelaskan perilaku ini adalah bahwa Kopepoda bersinar untuk memancing mangsa hiu untuk dimakan."


"Jika ini benar, Kopepoda bukan parasit. Sebaliknya, hiu dan Kopepoda menikmati simbiosis mutualisme di mana copepoda memasok makan malam untuk hiu dan sebagai gantinya, ia bisa makan bagian dari mata hiu itu. Terkadang kerajaan binatang adalah tempat yang aneh. "


MAKAN SIANGNYA ADALAH BERUANG KUTUB


HIU GREENLAND MEMILIKI KEBIASAAN MAKAN YANG MENAKUTKAN

Apa yang terpikir di benak anda apabila disebutkan Beruang Kutub..? Ya. Ia adalah beruang putih besar yang sangat ganas dan tanpa ampun.

Tapi percayalah, bahwa beruang kutub ini adalah salah satu menu makan siang dari Hiu Greenland. Pada tahun 2008, hiu Greenland ditemukan di Norwegia dengan sisa-sisa beruang kutub di dalam perutnya.


hiu raksasa

Ahli biologi hiu dalam laut Paul Clerkin menjelaskan:

"Hiu Greenland makan apa saja yang bisa mereka muat di mulut mereka. Ini termasuk kuda, beruang kutub, rusa kutub, rusa, anjing, burung, dan ya, bahkan manusia. Tapi, sebelum Anda terlalu khawatir dengan serangan hiu Greenland, perlu dicatat bahwa mereka tidak pernah didokumentasikan untuk menyerang manusia, bahkan para penyelam yang tidak memberi tag mereka. Hiu Greenland hanyalah pemulung yang memakan hewan yang terjerumus ke dalam es. "

"Hiu Greenland telah dapat menyergap rusa kutub atau hewan lainnya yang berjalan terlalu dekat dengan tepi es. Jadi ada kemungkinan beberapa makanan mereka peroleh berkat kemampuan mereka untuk menyelinap kedarat seperti yang dilakukan buaya pada zebra. Jika ia merasakan sesuatu seperti makanan, hiu ini akan menganggapnya sebagai buruan untuk disergap. 

HIU GREENLAND MEMILIKI DAGING BERACUN


Hiu Greenland memiliki daging paling beracun dari spesies hiu manapun. Ini mengandung tingkat urea dan trimethylamine oxide (TMAO) yang sangat tinggi, yang bekerja ssebagai anti beku alami, dan untuk membantu mengatur tekanan osmotik hiu. Tingkat toksisitas (racun) jaringan ini bahkan mencatatakan Hiu Greenland di Guinness World Records pada tahun 2013! 

SPaul Clerkin menjelaskan bahwa, "Jaringan mereka sangat beracun sehingga bisa membunuh manusia jika dikonsumsi. Di beberapa bagian dunia orang telah menemukan cara untuk memfermentasi daging hiu Greenland untuk memecah racun, meski seharusnya rasanya tidak enak. "


HIU GREENLAND ADALAH "KUKANG LAUT"


Hiu Greenland adalah perenang yang sangat lambat. Disebut juga "sleeper shark," atau hiu tidur . Spesies ini sering tidak aktif dan memang nampaknya sedang tidur. Sloth (kukang) laut mungkin menjadi nama yang lebih pas untuk kelambanan mereka. 

Tetapi bila perlu, mereka mampu melakukan serbuan cepat. Paul Clerkin menjelaskan, "Mereka menyimpan energinya dan meningkatkan gerakan stealth (siluman) mereka dengan berlayar sekitar 1 mph. Karena mereka bergerak sangat sedikit, mereka sebenarnya jauh lebih diam di dalam air dan bisa menyelinap di antara mangsa tanpa disadari. "

Rekor hiu terbesar


Hiu Greenland tidak hanya bergerak dengan kecepatan glasial, namun proses hidupnya juga bergerak lambat. Semakin dingin, semakin lambat proses ini bisa terjadi. Ini mungkin menjelaskan mengapa hiu Greenland begitu berumur panjang.

HIU GREENLAND BISA HIDUP SELAMA 200 TAHUN


Hiu Greenland dianggap sebagai salah satu vertebrata berumur terpanjang.

"Umur panjang sering terjadi di lingkungan laut dalam yang dingin," kata ahli biologi hiu Paul Clerkin. "Kombinasi lingkungan yang dingin, ukuran besar, dan tingkat reproduksi yang lambat membuat hiu Greenland hidup hingga 200 tahun. Pada tahun 1815, rata-rata harapan hidup manusia dewasa sekitar 40 tahun. Seekor hiu Greenland yang lahir pada saat bersamaan masih bisa hidup sampai sekarang. "

Hiu ini tumbuh pada tingkat yang sangat lambat. Satu studi menemukan bahwa hiu Greenland tumbuh sekitar 0,5 sampai 1 sentimeter per tahun. Dan ada yang mengatakan bahwa hiu betina Greenland mungkin tidak mencapai kematangan seksual sampai mereka mencapai usia 100 tahun.


pembantaian hiu


Ini sebenarnya bisa menjadi masalah bagi hiu Greenland, yang populasinya berspekulasi akan rendah. Hiu ini populer sebagai sumber hasil perikanan di perairan Norwegia, Islandia, dan Greenland . Dimana ia diburu untuk diambil minyak hatinya. Jika hiu hiu muda terlambat mencapai kematangan seksual, maka akan menipiskan populasi yang berujung pada kepunahan. Saat ini, populasi hiu Greenland memiliki perkiraan waktu reporduksi lebih dari 14 tahun, dan World Conservation Union (IUCN) saat ini mencantumkan spesies ini sebagai "Near Threatened." (terancam)

BACA JUGA :


Fakta fakta misterius mengenai Hiu Greenland yang sangat menakjubkan ini, ditulis kembali oleh Sampah Digital dengan memperhatikan sumber sumber berikut ini :




Anda juga dapat menyaksikan video dokumenter Hiu Greenland berikut ini :


Mudah mudahan bermanfaat
Misteri Hiu Greenland 4.5 5 Subhan Hidayat Hiu Greenland adalah jenis ikan hiu yang hidup di  kedalaman yang dingin dan gelap. M akhluk ini sulit dipahami. Para ilmuwan masih tah...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.