Awas !! Garam Mengandung Plastik

 

Ladang Garam.
Air laut ditampung kemudian dikeringkan / diuapkan dengan cahaya matahari, dan menyisakan garam yang kemudian diambil oleh para petani. (kreasip.com)

Ratusan manik manik platik berukuran mikro telah ditemukan dalam garam laut. Dan setidaknya kita telah menelan tiga butir perhari, sama dengan 1000 butir setiap tahun. Plastik berukuran mikro dapat masuk kedalam sel dan menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. Plastik plastik kecil ini juga bisa terkonsentrasi dan menyebarkan racun.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh American Chemistry Society Journal Environmental Science & Technology, didalam garam laut ditemukan partikel plastik sebanyak 550 sampai 681 perkilogram garam. Peneliti dari East China Normal University telah menguji 15 merek garam laut yang sampelnya diambil dari supermarket supermarket China.

Gambar butiran plastik micro yang mencemari garam laut. (http://contentsharing.net)

Plastik plastik itu berasal dari sampah yang dibuang kelaut. Sampah sampah plastik berukuran kecil (mikro) berasal dari produk produk kosmetik dalam wujud scrub yang biasa ditemukan dalam sabun pencuci wajah, pasta gigi dan exfoliant. Scrub scrub plastik itulah yang mencemari garam, selain dimakan oleh binatang binatang laut kecil seperti plankton, kerang dan udang. Sedangkan Sampah sampah plastik besar telah ditemukan dalam saluran pencernaan penyu, hiu.

Contoh produk kebersihan tubuh yang mengandung scrub plastik

Butiran butiran plastik yang digunakan dalam produk produk kosmetik dan perawatan tubuh. (dailymail.co.uk)

Aktifis lingkungan telah melakukan kampanye penghentian penggunaan microbeads (scrub) dari plastik dan asosiai produsen kosmetik Eropa telah mengeluarkan rekomendasi untuk menghentikan penggunaan plastik,dan mencari alternatif scrub dari bahan alami.

Burtiran butiran plastik dalam tubuh plankton

Udang udangan memakan butiran butiran plastik

Plankton berada dalam kubangan butiran butiran plastik


Sumber :
Awas !! Garam Mengandung Plastik 4.5 5 Subhan Hidayat Ladang Garam. Air laut ditampung kemudian dikeringkan / diuapkan dengan cahaya matahari, dan menyisakan garam yang kemudian diambil ole...


Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.